Skip to main content

Extraordinary coffee

Kopi Luar biasa / Extraordinary coffee

Ada berberapa kriteria Kopi Luar biasa menurut versi kami, termasuk kopi yang bercitarasa sangat tinggi dengan nilai cicip 9 atau diatas nilai rata-rata tertinggi, kopi langka dari wilayah penghasil kopi indonesia, kopi Jantan/peaberry yang didapat dari sortiran batch kopi terbaik, kopi yang rasanya unik misalanya rasa pedas, mint atau lainya, kopi dari lahan super tinggi, kopi berukuran besar/jumbo dan lain lainnya, dengan kapasitas kecil dan musiman yang kami kategorikan sebagai kopi Luar Biasa.


Kopi Lanang/Jantan (Peaberry)

Semua jenis biji kopi mempunyai kopi Lanang, kopi yang bentuknya lebih bulat, karena satu dari dua bibit didalam buah kopi puso, sehingga tersisa satu benih yang menempati ruangan pada buah kopi.

Tidak ada pohon yang 100% memproduksi kopi Lanang, kopi lanang berkisar 3-30% dari produksi dan lebih banyak dijumpai pada kopi Robusta Jawa Timur dan Bali, selain genetika, salah satu penyebab adalah gizi atau irigasi yang tidak stabil, membuat pertumbuhan biji kurang sempurna.

Kopi Lanang berbentuk bulat punya citarasa lebih pekat dibanding kopi gepeng karena nutrisi yang semula untuk 2 bibit dipakai oleh satu bibit. Selain bentuk bulat, dalam proses sangrai hasilnya lebih merata.

Kopi Lanang juga dibedakan atas orgin, Gayo, Mandheling, Jawa, Bali, Toraja, Flores, Papua, dan lainnya.


Kopi Super Keras / Super Hard Bean/SHB

Disebut super keras karena memang isisnya lebih padat, karena letak geograhis yang sangat tinggi. Kopi Arabika umumnya ditanam wilayah tropis mulai dari ketinggian 1.000 diatas permukaan laut. Tetapi ada lokasi tertentu yang menanam kopinya pada ketinggian ditas 2.000m dari permuahan laut. Kita sebut jenis kopi ini SHB.

Karena posisi yang sangat tinggi, melawan gaya gravitasi, sampai-sampai banyak buah-buahan di wilayah ini tidak bisa bebuah atau sangat jarang dan kecil buahnya. 

Kopi yang ditanam pada ketinggian diatas 2.000m cenderung padat isinya, tentu komponen aromatik yang terkandung didalamnya tumbuh dan terbentuk secara perlahan dan sangat padat. Melebih kopi Organik shade Grown.
Belum ada data wilayah penghasil kopi SHB di pusat pusat penghasil kopi Nusantara, kecuali di Papua.



Kopi Super Rasa / Cup of Excellent

Citarasa kopi akan berbeda beda walau dari kebun yang sama dan diolah oleh petani yang sama. Ini uniknya kopi.

Dari sekian batch kopi yang kami belanjakan, tentunga ada batch tertentu pada musin tertentu mendapat predikat "Cangkir Terbaik", Kopi ini akan kami pisahkan sebagai kopi Super Rasa.


Kopi Unik

Aroma dan Rasa kopi belum bisa di deskripsikan dengat tepat oleh ahli cicip maupun ahli kimia, karena masih banyak senyawa aromatik organik dalam kopi sangarai yang belum bisa didefinisikan. Citarasa kopi ibarat musik klasik yang tidak bosan bosan untuk didengar.

Indonesia adalah negara sepuluh ribu pulau, dan mempunyai ekologi, geologi, antropologi, iklim yang bebeda antar pulau, tentu rasa kopi juga bebeda. Banyak kopi unik terdapat di bumi Nusantara. Ibarat buah durian, setiap pohon punya rasa berbeda!. 

maharajacoffee.com

Comments

Popular posts from this blog

perbedaan kopi arabika dan robusta

Arabika dan Robusta merupakan dua spesies kopi yang berbeda. Perbedaan umum terletak pada rasa, kondisi di mana dua spesies itu tumbuh, dan perbedaan ekonomis. berikut sedikit gambaran keduanya: perbedaan arabika dan robusta Dilihat dari soal rasa, Arabica mempunyai variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta mempunyai variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap mempunyai rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta, mari kita telusuri kedua jenis kopi ini: Kopi Arabica kopi arabika Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl, suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bul

Semangat Pak Tua Petani Robusta - Tanggamus

“Kalau saja tidak telalu sore datang kesini, aku ajak kalian ke Kebun Kopi saya, nanti saya tunjukan sama kamu, bagaimana kami memperlakukan Kopi untuk menjaga kualitas  pada saat berbuah, terutama rasa dan aromanya setelah kami olah”     Tanggamus adalah nama dari sebuah kabupaten di Lampung yang berhawa sejuk di kaki gunung Tanggamus. Sejak daman dahulu merupakan salah satu sentra perkebunan kopi robusta di Lampung. Pada jaman Belanda dahulu pernah terdapat pabrik pengolahan kopi dan teh di daerah ini, yang sempat beralih fungsi menjadi gudang senjata saat dikuasai oleh jepang, namun saat masa kemerdekaan akhirnya gudang tersebut ludes terbakar oleh perlawanan para pejuang republik Indonesia. Didaerah ini, banyak sekali petani binaan salah satu raksasa industri kopi, teh dan cokelat dari Swiss yang memproduksi kopi sasetan untuk lokal dan produk kopi premium yang di ekspor ke luar negeri. Bapak Junaidi salah satunya, seorang asli Lampung dari Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggun

BPD AEKI Sulawesi Selatan

BADAN PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN MASA BHAKTI : 2007-2012 A. PENASEHAT / DEWAN PERTIMBANGAN Jabatan Perusahaan 1 Micha Takdung Ketua Dewan Pertimbangan Fa.Kopi Jaya 2 Litha Brent Wk.Ketua Fa.Litha & Co B. BADAN PENGURUS DAERAH 1 Cornelis P.Patty Ketua PT.Aneka Bumi Kencana 2 Frenky Djamal Wk.Ketua I CV.Kopi Sulawesi 3 Frans Honga Halim Wk.Ketua II CV.Mega Putra Sejahtera KOMP.ORBIN 1 Drs.H.Abd.Rachmat Tjanring,MM Ketua Kompartemen Puskud Hasanuddin 2 Nasrul Sanusi Wk.Ketua Kompartemen PT.Marco Eka Persada KOMP.PROMOSI/PEMASARAN & HUB.L/N 1 Taswin H.Purwardi Ketua Kompartemen CV.Sari Hasil Utama 2 Hendra Litha,ST Wk.Ketua Kompartemen Fa.Kopi Jaya KOMP.PEMB.PRODUKSI/LITBANG & MUTU 1 Ir.Suwardi Ketua Kompartemen PT.Toarco Jaya 2 Hendra Suwiptandy Wk.Ketua PT.Megaputra Sejahtera KOMP.HUKUM & ARBITRASE 1 Paulus L.Sappetaw Ketua Kompartemen CV.Lucky Trad.Coy 2 Rukman Noor Wk.Ketua PT.Sulawesi Agricultural Trad. KOMP.ANGGARAN & KEUANGAN 1 Dichson Ch.Djaruu Ketua Kompa