Skip to main content

manfaat kopi bagi kesehatan

manfaat kopi untuk kesehatan
manfaat kopi untuk kesehatan
Secangkir kopi di pagi hari ataupun sore hari akan selalu terasa nikmat menemani hari anda. Sudahkah anda minum kopi pagi ini? Sebuah kalimat yang bisa membuat anda mengernyitkan dahi. Bukankah kopi tidak baik baik untuk kesehatan? Begitu pikir anda. Eits, jangan salah kopi juga mampu memberi kesehatan untuk penikmatnya lho. Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh manfaat kopi bagi kesehatan anda.
Manfaat minum kopi untuk kesehatan berikut akan mematahkan mitos yang mengatakan kopi memiliki efek samping yang merugikan Anda.
Selain kafein yang meningkatkan konsentrasi, kopi juga mengandung antioksidan dan nutrisi penting untuk tubuh seperti riboflavin atau vitamin B2, asam pantothenic atau vitamin B5, magnesium dan niacin (B3), serta mangan dan potasium.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan menurut dokter Michael Hartanto Angriawan dari tim Meetdoctor, yang harus Anda ketahui.

Pertama, kopi meningkatkan kecerdasan. Rasa capek bisa diusir dengan meminum kopi karena kandungan kafein dalam kopi merupakan kandungan psikoaktif.
Kafein dari kopi akan diserap darah dan sampai ke otak, di mana kafein akan bekerja memblokir adenosine sehingga neurotransmitters seperti norepinephrine dan dopamine bertambah.
Alhasil, otak bisa bekerja maksimal. Kopi juga mendukung fungsi kognitif otak sehingga ingatan lebih kuat, mempertajam emosi, meningkatkan kewaspadaan, serta fungsi kognitif otak.

Kedua, kopi bisa membakar lemak. Suplemen pembakar lemak hampir selalu pasti mengandung kafein.
Kafein merupakan bahan alami yang telah terbukti dalam berbagai penelitian sanggup membantu membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh hingga 3 - 11%. Namun, manfaat membakar lemak ini bisa saja tidak terlalu efektif pada orang yang sudah lama meminum kopi.

Ketiga, kopi membuat tubuh lebih bertenaga. Kafein bisa meningkatkan epinephrine atau kadar adrenalin dalam darah yang membuat tubuh lebih bertenaga. Pasalnya, kafein bisa menghancurkan sel lemak dalam darah dan mengubah lemak menjadi energi yang memberi tenaga untuk tubuh.
Meminum secangkir kopi murni tanpa gula setengah jam sebelum berolahraga bisa membuat Anda lebih kuat menghadapi latihan fisik yang intens.

Keempat, kopi mencegah penyakit. Meminum kopi menurunkan risiko berbagai penyakit seperti:
1. Secangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe II hingga sebesar 7%.
2. Kopi mencegah kepikunan maupun Alzheimer sebab peminum kopi memiliki daya ingat yang kuat serta saraf yang bebas dari kabut Alzheimer hingga sebesar 65%.
3. Kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson hingga 32 - 60 %.
4. Kopi yang diminum secara teratur dalam sehari bisa menurunkan risiko sirosis (pengerasan hati) hingga mencapai 80%.
5. Kopi untuk melawan kanker liver dan kanker usus hingga risiko turun sebanyak 15 - 40%.
6. Kopi memang bisa meningkatkan tekanan darah, namun jumlahnya hanya dalam skala kecil saja dan tekanan darah akan normal kembali jika Anda teratur meminum kopi. Artinya, kopi bukan penyebab utama penyakit jantung dan justru bisa mencegah stroke. Tapi, tetap waspadai dan batasi kandungan kafein yang dikonsumsi.

Kelima, kopi untuk umur panjang. Angka kematian pada peminum kopi berkurang hingga 20% pada pria dan 26% pada wanita dalam jangka waktu 18 hingga 24 tahun. Para penderita diabetes tipe II juga memiliki kesempatan bertahan hidup lebih lama hingga 70% karena mengonsumsi kopi.

Keenam, kopi membuat bahagia. Penelitian di Harvard School of Public Health tahun 2011 menyatakan turunnya risiko depresi sebanyak 20 persen pada wanita yang meminum 4 gelas kopi atau lebih dalam sehari. Penelitian lain menyebutkan bahwa empat gelas kopi atau lebih dalam sehari bisa menurunkan niat bunuh diri hingga 50 persen.

Jadi kembali lagi pertanyaan awal saya, sudahkah anda menikmati secangkir kopi pagi ini? J

Comments

Popular posts from this blog

perbedaan kopi arabika dan robusta

Arabika dan Robusta merupakan dua spesies kopi yang berbeda. Perbedaan umum terletak pada rasa, kondisi di mana dua spesies itu tumbuh, dan perbedaan ekonomis. berikut sedikit gambaran keduanya: perbedaan arabika dan robusta Dilihat dari soal rasa, Arabica mempunyai variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta mempunyai variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap mempunyai rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta, mari kita telusuri kedua jenis kopi ini: Kopi Arabica kopi arabika Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl, suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bul

Semangat Pak Tua Petani Robusta - Tanggamus

“Kalau saja tidak telalu sore datang kesini, aku ajak kalian ke Kebun Kopi saya, nanti saya tunjukan sama kamu, bagaimana kami memperlakukan Kopi untuk menjaga kualitas  pada saat berbuah, terutama rasa dan aromanya setelah kami olah”     Tanggamus adalah nama dari sebuah kabupaten di Lampung yang berhawa sejuk di kaki gunung Tanggamus. Sejak daman dahulu merupakan salah satu sentra perkebunan kopi robusta di Lampung. Pada jaman Belanda dahulu pernah terdapat pabrik pengolahan kopi dan teh di daerah ini, yang sempat beralih fungsi menjadi gudang senjata saat dikuasai oleh jepang, namun saat masa kemerdekaan akhirnya gudang tersebut ludes terbakar oleh perlawanan para pejuang republik Indonesia. Didaerah ini, banyak sekali petani binaan salah satu raksasa industri kopi, teh dan cokelat dari Swiss yang memproduksi kopi sasetan untuk lokal dan produk kopi premium yang di ekspor ke luar negeri. Bapak Junaidi salah satunya, seorang asli Lampung dari Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggun

BPD AEKI Sulawesi Selatan

BADAN PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN MASA BHAKTI : 2007-2012 A. PENASEHAT / DEWAN PERTIMBANGAN Jabatan Perusahaan 1 Micha Takdung Ketua Dewan Pertimbangan Fa.Kopi Jaya 2 Litha Brent Wk.Ketua Fa.Litha & Co B. BADAN PENGURUS DAERAH 1 Cornelis P.Patty Ketua PT.Aneka Bumi Kencana 2 Frenky Djamal Wk.Ketua I CV.Kopi Sulawesi 3 Frans Honga Halim Wk.Ketua II CV.Mega Putra Sejahtera KOMP.ORBIN 1 Drs.H.Abd.Rachmat Tjanring,MM Ketua Kompartemen Puskud Hasanuddin 2 Nasrul Sanusi Wk.Ketua Kompartemen PT.Marco Eka Persada KOMP.PROMOSI/PEMASARAN & HUB.L/N 1 Taswin H.Purwardi Ketua Kompartemen CV.Sari Hasil Utama 2 Hendra Litha,ST Wk.Ketua Kompartemen Fa.Kopi Jaya KOMP.PEMB.PRODUKSI/LITBANG & MUTU 1 Ir.Suwardi Ketua Kompartemen PT.Toarco Jaya 2 Hendra Suwiptandy Wk.Ketua PT.Megaputra Sejahtera KOMP.HUKUM & ARBITRASE 1 Paulus L.Sappetaw Ketua Kompartemen CV.Lucky Trad.Coy 2 Rukman Noor Wk.Ketua PT.Sulawesi Agricultural Trad. KOMP.ANGGARAN & KEUANGAN 1 Dichson Ch.Djaruu Ketua Kompa