Skip to main content

manfaat teh putih untuk kecantikan

Minuman kopi selain baik bagi kesehatan (asal tidak berlebihan) ada satu lagi jenis minuman yang terbukti bisa memberi kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Yaitu minum teh putih, pasti ada diantara kalian yang baru mendengar jenis teh ini? Nah kali ini saya akan memberikan sedikit tentang manfaat dari teh putih. Dari berbagai penelitian ilmiah dan uji klinis dilingkungan akademis dan kesehatan, antioksidan polifenol yang terbisa dalam teh putih bermanfaat sebagai berikut:

Manfaat teh putih bagi kesehatan dan kecantikan

manfaat teh putih untuk kecantikan
teh putih
  • Mencegah penyakit kardiovaskular (berhubungan dengan peradaran darah). Polifenol dalam teh menunjukkan efek yang bagus pada zat pembeku darah dan anti penggumpalan darah, terutama katekin yang bisa mencegah sel darah merah menggumpal.
  • Mencegah pengerasan / penyempitan pembuluh darah, mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung koroner.
  • Anti karsinogenik, menolak zat nitrosoamine yang merupakan suatu zat pembentuk karsinogen (penyebab kanker) dalam makanan.
  • Menguatkan kekebalan tubuh dan anti penuaan dini, menghilangkan kerutan-kerutan yang ada di kulit
  • Mengeluarkan racun dan anti radiasi. Polifenol dalam teh adalah filter alami terhadap radiasi sinar ultra violet
  • Membantu melancarkan aliran darah pada pembuluh darah, meningkatkan ketahanan pembuluh darah
  • Menyegarkan dan mematikan kuman penyebab bau nafas tak sedap, anti gigi berlubang, dan anti bakteri,
  • Mencegah kerusakan yang terjadi pada otak
  • Mencegah kanker: Antioksidan yang terkandung dalam teh putih bisa mencegah dan melawan kanker usus besar, prostat dan perut.
  • Menurunkan tekanan darah : Penelitian membuktikan teh putih bisa mengencerkan darah dan memperbaiki fungsi arteri sehingga menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan kolesterol : Antioksidan catechin dalam teh putih bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah.
  • Melindungi jantung : Teh putih bisa melindungi hati dan seluruh sistem peredaran darah. Selain itu juga bisa menurunkan kadar gula darah, serta mencegah dan mengurangi gejala diabetes melitus.
  • Anti-viral : Teh putih bisa membunuh bakteri dan virus. Kandungan antioksidannya juga memperkuat sistem imunitas tubuh.
  • Menyehatkan serta menyehatkan gigi dan gusi: Teh putih mengandung sejumlah kecil fluoride dan nutrien lain yang menjaga kesehatan gigi dan gusi.
  • Mengurangi stres dan menambah energi: Kandungan dalam teh putih bisa menenangkan, mengurangi stres dan menambah energi.

Lalu bagaimana cara menyajikan teh putih yang benar?
Teh putih terbaik paling cocok di hidangkan dalam keadaan tidak panas ataupun dingin, bisa dibilang hanya bisa disajikan dalam keadaan hangat. 

Berikut ini saya berikan cara penyajian terbaik untuk teh putih:

  • Gunakan air mineral yang bagus karena air yang segar dan bersih akan menghasilkan satu gelas terbaik.
  • Masukkan 2 sendok teh putih kedalam gelas yang telah disediakan.
  • Masukkan teh putih dengan air mendidih selama 8 - 10 detik.
  • Tuangkan 200 ml air panas dengan suhu berkisar antara 72 - 82 derajat Celsius ke dalam gelas.
  • Kemudian setelah 4 - 5 menit, pisahkan daun teh putih dengan menggunakan penyaring dan teh putih siap disajikan.
  • Segera konsumsi teh putih dalam keadaan hangat-hangat panas, karena polifenol dalam teh putih akan semakin berkurang seiring dinginnya suhu teh putih setelah diseduh.
  • Teh putih dapat diseduh ulang hingga 3 - 4 kali.
  • Untuk seduhan terakhir memerlukan waktu lebih lama yaitu sekitar 10 menit.


Demikian sedikit manfaat dan cara penyajian dari teh putih yang bisa anda praktekkan dirumah. Semoga artikel ini dapat sedikit membantu.

Comments

Popular posts from this blog

perbedaan kopi arabika dan robusta

Arabika dan Robusta merupakan dua spesies kopi yang berbeda. Perbedaan umum terletak pada rasa, kondisi di mana dua spesies itu tumbuh, dan perbedaan ekonomis. berikut sedikit gambaran keduanya: perbedaan arabika dan robusta Dilihat dari soal rasa, Arabica mempunyai variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta mempunyai variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap mempunyai rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta, mari kita telusuri kedua jenis kopi ini: Kopi Arabica kopi arabika Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl, suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bul

Semangat Pak Tua Petani Robusta - Tanggamus

“Kalau saja tidak telalu sore datang kesini, aku ajak kalian ke Kebun Kopi saya, nanti saya tunjukan sama kamu, bagaimana kami memperlakukan Kopi untuk menjaga kualitas  pada saat berbuah, terutama rasa dan aromanya setelah kami olah”     Tanggamus adalah nama dari sebuah kabupaten di Lampung yang berhawa sejuk di kaki gunung Tanggamus. Sejak daman dahulu merupakan salah satu sentra perkebunan kopi robusta di Lampung. Pada jaman Belanda dahulu pernah terdapat pabrik pengolahan kopi dan teh di daerah ini, yang sempat beralih fungsi menjadi gudang senjata saat dikuasai oleh jepang, namun saat masa kemerdekaan akhirnya gudang tersebut ludes terbakar oleh perlawanan para pejuang republik Indonesia. Didaerah ini, banyak sekali petani binaan salah satu raksasa industri kopi, teh dan cokelat dari Swiss yang memproduksi kopi sasetan untuk lokal dan produk kopi premium yang di ekspor ke luar negeri. Bapak Junaidi salah satunya, seorang asli Lampung dari Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggun

BPD AEKI Sulawesi Selatan

BADAN PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN MASA BHAKTI : 2007-2012 A. PENASEHAT / DEWAN PERTIMBANGAN Jabatan Perusahaan 1 Micha Takdung Ketua Dewan Pertimbangan Fa.Kopi Jaya 2 Litha Brent Wk.Ketua Fa.Litha & Co B. BADAN PENGURUS DAERAH 1 Cornelis P.Patty Ketua PT.Aneka Bumi Kencana 2 Frenky Djamal Wk.Ketua I CV.Kopi Sulawesi 3 Frans Honga Halim Wk.Ketua II CV.Mega Putra Sejahtera KOMP.ORBIN 1 Drs.H.Abd.Rachmat Tjanring,MM Ketua Kompartemen Puskud Hasanuddin 2 Nasrul Sanusi Wk.Ketua Kompartemen PT.Marco Eka Persada KOMP.PROMOSI/PEMASARAN & HUB.L/N 1 Taswin H.Purwardi Ketua Kompartemen CV.Sari Hasil Utama 2 Hendra Litha,ST Wk.Ketua Kompartemen Fa.Kopi Jaya KOMP.PEMB.PRODUKSI/LITBANG & MUTU 1 Ir.Suwardi Ketua Kompartemen PT.Toarco Jaya 2 Hendra Suwiptandy Wk.Ketua PT.Megaputra Sejahtera KOMP.HUKUM & ARBITRASE 1 Paulus L.Sappetaw Ketua Kompartemen CV.Lucky Trad.Coy 2 Rukman Noor Wk.Ketua PT.Sulawesi Agricultural Trad. KOMP.ANGGARAN & KEUANGAN 1 Dichson Ch.Djaruu Ketua Kompa