Skip to main content

bahaya kopi untuk wanita hamil

bahaya kopi bagi wanita hamil
wanita hamil dan kopi
Kopi tergolong minuman yang digemari oleh pria serta wanita. Minuman konon yang bisa mengurangi rasa kantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Bahkan, gerai-gerai kopi telah menjamur di beberapa aspek kota, sampai di mall.

"Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang bakal memacu produksi hormon adrenalin."

Di dalam kopi terkandung kafein, yang adalah senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.

Kegunaaan Kopi
Dalam dunia kedokteran, kafein tak jarang dipakai sebagai perangsang kerja jantung serta menambah produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein bisa berkegunaaan sebagai bahan pembangkit stamina serta penghilang rasa sakit.

"Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi kegunaaan adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membikin orang cepat tertidur)."

Dimana kafein itu tak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein bakal membalikkan semua kerja adenosin jadi tubuh tak lagi mengantuk, tetapi timbul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi serta hati bakal melepas gula ke ajaran darah yang bakal membentuk energi ekstra.
Itulah sebabnya beberapa tipe minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.

Bahaya Kopi
Selain kegunaaannya untuk kesehatan nyatanya kopi juga mempunyai kemenyesalan. Salah satunya adalah efek ketergantungan.
Minum kopi nyatanya bisa menambah resiko terkena stroke. Suatu  penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari bakal menambah resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.
Kafein juga bisa menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang serta cepat marah.
Pada wanita hamil juga disarankan tak mengkonsumsi kopi serta makanan yang mengandung kafein. Faktor ini sebab kafein bisa menambah denyut jantung. Pada janin bisa menyerang plasenta serta masuk dalam sirkulasi darah janin. Akibat terkurang baiknya, bisa menyebabkan keguguran.

10 Fakta Mengenai Kopi
Berikut ada 10 fakta mengenai minuman kopi

bahaya kopi bagi wanita hamil
kopi tubruk
1. Kafein bisa membunuhmu
Khususnya apabila kalian sangat manikak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.

2. Kopi bisa juga baik buatmu
Studi membuktikan bahwa kami bisa memperoleh antioksidan dari kopi, lumayan satu atau dua cangkir kopi sehari, telah berguna. Apabila tak suka kopi, bisa coba teh hitam.

3. kafein bisa menambah gairah seks perempuan
Ini baru memang pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi bisa menambah pengalaman seksual tetapi hanya pada mereka yang tak maniak kopi.

4. Kafein bisa mengurangi rasa sakit
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, sanggup meredakan rasa sakit di otot seusai olah raga, demikian menurut suatu  studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

5. Kafein bisa bikin kami begadang
Buat yang ingin melek semalaman bakal terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur supaya tak terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein
Mesikipun istilahnya dekafein, atau leluasa kafein, masih saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kami minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

7. kopi dekafein memakai bahan kimia
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, dipakai bahan kimia bernama methylene chloride.

8. Kafein itu bukan tahap yang berasa pahit
Tidak sedikit orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin tak sedikit kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

9. Kopi yang keren tergantung pada pembakaran serta peracikannya
Apabila ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran serta racikannya. Selagi pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi bakal keluar. Makin tak sedikit minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di tahap dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin tak sedikit.

10. Kopi ditemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, setemanan kambing terjaga semalaman seusai makan biji kopi merah. Sang penggembala mengecek kenapa itu terjadi serta menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.

Comments

Popular posts from this blog

perbedaan kopi arabika dan robusta

Arabika dan Robusta merupakan dua spesies kopi yang berbeda. Perbedaan umum terletak pada rasa, kondisi di mana dua spesies itu tumbuh, dan perbedaan ekonomis. berikut sedikit gambaran keduanya: perbedaan arabika dan robusta Dilihat dari soal rasa, Arabica mempunyai variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta mempunyai variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap mempunyai rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta, mari kita telusuri kedua jenis kopi ini: Kopi Arabica kopi arabika Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl, suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bul

Semangat Pak Tua Petani Robusta - Tanggamus

“Kalau saja tidak telalu sore datang kesini, aku ajak kalian ke Kebun Kopi saya, nanti saya tunjukan sama kamu, bagaimana kami memperlakukan Kopi untuk menjaga kualitas  pada saat berbuah, terutama rasa dan aromanya setelah kami olah”     Tanggamus adalah nama dari sebuah kabupaten di Lampung yang berhawa sejuk di kaki gunung Tanggamus. Sejak daman dahulu merupakan salah satu sentra perkebunan kopi robusta di Lampung. Pada jaman Belanda dahulu pernah terdapat pabrik pengolahan kopi dan teh di daerah ini, yang sempat beralih fungsi menjadi gudang senjata saat dikuasai oleh jepang, namun saat masa kemerdekaan akhirnya gudang tersebut ludes terbakar oleh perlawanan para pejuang republik Indonesia. Didaerah ini, banyak sekali petani binaan salah satu raksasa industri kopi, teh dan cokelat dari Swiss yang memproduksi kopi sasetan untuk lokal dan produk kopi premium yang di ekspor ke luar negeri. Bapak Junaidi salah satunya, seorang asli Lampung dari Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggun

BPD AEKI Sulawesi Selatan

BADAN PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN MASA BHAKTI : 2007-2012 A. PENASEHAT / DEWAN PERTIMBANGAN Jabatan Perusahaan 1 Micha Takdung Ketua Dewan Pertimbangan Fa.Kopi Jaya 2 Litha Brent Wk.Ketua Fa.Litha & Co B. BADAN PENGURUS DAERAH 1 Cornelis P.Patty Ketua PT.Aneka Bumi Kencana 2 Frenky Djamal Wk.Ketua I CV.Kopi Sulawesi 3 Frans Honga Halim Wk.Ketua II CV.Mega Putra Sejahtera KOMP.ORBIN 1 Drs.H.Abd.Rachmat Tjanring,MM Ketua Kompartemen Puskud Hasanuddin 2 Nasrul Sanusi Wk.Ketua Kompartemen PT.Marco Eka Persada KOMP.PROMOSI/PEMASARAN & HUB.L/N 1 Taswin H.Purwardi Ketua Kompartemen CV.Sari Hasil Utama 2 Hendra Litha,ST Wk.Ketua Kompartemen Fa.Kopi Jaya KOMP.PEMB.PRODUKSI/LITBANG & MUTU 1 Ir.Suwardi Ketua Kompartemen PT.Toarco Jaya 2 Hendra Suwiptandy Wk.Ketua PT.Megaputra Sejahtera KOMP.HUKUM & ARBITRASE 1 Paulus L.Sappetaw Ketua Kompartemen CV.Lucky Trad.Coy 2 Rukman Noor Wk.Ketua PT.Sulawesi Agricultural Trad. KOMP.ANGGARAN & KEUANGAN 1 Dichson Ch.Djaruu Ketua Kompa