Skip to main content

Kopi Vietnam Enak Menjadi Idola di Indonesia

kopi vietnam yang sangat nikmat

Namanya terbukti kopi Vietnam, tapi kopi ini telah mendapat tempat di hati orang Indonesia. Dari penampilannya yang tradisional aja, telah bikin penggemar kopi jatuh hati. Seperti lagi minum kopi di warung, tapi dengan versi agak modern. Hari ini, pegipegi pengin mengundang kalian makin mengetahui kopi yang lagi jadi bahan omongan ini. Serta kalian juga bisa membikin kopi Vietnam di rumah, lho.

MANFAAT MINUM KOPI

Sebelumnya, kalian butuh tahu nih soal kegunaaan minum kopi yang berkegunaaan untuk kesehatan fisik serta mental kamu. Sebab, kopi itu bukan sekadar minuman yang nikmat serta menghapus kantuk. Tapi, kopi juga bisa mencegah penyakit jantung serta stroke. Suatu  penelitian menunjukkan bahwa 18% cewek berumur 24 tahun mempunyai risiko penyakit jantung lebih rendah ketimbang mereka yang nggak mengonsumsi kopi. Kandungan kafein di dalamnya juga bisa mengurangi sakit kepala ringan.

Kopi bersifat anti bakteri, jadi bisa menyembuhkan beberapa persoalan mulut, seperti gigi bercelah serta infeksi gusi. Kopi juga bisa merubah suasana hati menjadi lebih tersanjung. Sebab, kopi bisa mengurangi depresi. Nggak heran kan apabila kalian merasa lebih tersanjung seusai menyeruput kopi. Serta kandungan antioksidan pada kopi nyatanya bisa menangkal kerusakan pada sel otak serta menolong jaringan saraf bekerja lebih maksimal.

KOPI VIETNAM = KOPI KESABARAN

Penyajian kopi Vietnam memakai seperti cawan aluminium yang mempunyai sejumlah celah kecil di bawahnya. Di bawahnya ada seperti cawan lagi untuk menampung tetesan-tetesan kopi dari cawan pertama. Kopi bakal turun setetes demi setetes hingga nggak tercipta buih seperti kopi tarik. Seusai tetesan kopi semuanya jatuh ke bawah, barulah kalian bisa menikmati sedapnya kopi ini. Makanya tak sedikit yang menyebut kopi ini sebagai “kopi kesabaran”.

Tidak sedikit yang nggak tahu nama cawan tersebut. Nyatanya namanya dripper. Nggak semua orang punya dripper di rumah, tapi para penggemar kopi biasanya punya dripper di rumah. Sebab dibangun dengan memakai dripper, kopi Vietnam juga bersahabat dengan sebutan Vietnamese drip coffee.

cara mudah membuat kopi vietnam yang enak dan nikmat

Bukan hanya proses menikmatinya yang memakan waktu lumayan lama, tapi proses pembuatannya juga lumayan lama. Rasa pahit yang lebih dominan pada kopi Vietnam ketimbang kopi lainnya sebab didapat dari proses terbuktigang alias roasting biji kopi yang memakan waktu lumayan lama, jadi menjadikannya gosong seperti arang. Sayangnya, nggak semua orang Indonesia bisa menikmati kopi Vietnam yang strong serta rasanya pahit. Biasanya sih, orang Indonesia lebih suka menikmati kopi ini dengan dicampur susu kental manis agar bisa menyamarkan rasa pahit.

KENAPA PAKAI SUSU KENTAL MANIS?

Sebelum pegipegi cerita kenapa kopi Vietnam pakai susu kental manis untuk menyamarkan rasa pahit, kalian wajib tahu dulu tentang asal mula kopi Vietnam. Munculnya kopi Vietnam nggak bisa lepas dari peran seorang pastur ala Prancis yang mengangkat bibit pohon dari kopi Arabika pada tahun 1857. Nggak lama seusai kedatangan pastur tersebut, Vietnam mulai menanam pohon kopi di daerah dataran tinggi, yaitu di Buon Ma Tuot yang hingga kini dikenal sebagai daerah penghasil kopi paling baik di Vietnam.

Begitu pula dengan keberadaan kopi Vietnam yang memakai susu kental manis. Itu juga ada sejarahnya. Pada masa itu, Vietnam mengalami kesusahan menemukan susu segar sebagai campuran kopi. Akhirnya, mereka memakai susu kental manis. Serta adat itu tetap berlangsung hingga sekarang.

CARA MEMBUAT KOPI VIETNAM

Sebab dripper bukan lagi barang yang langka, jadi membikin kopi Vietnam di rumah bukanlah faktor mustahil. Caranya pun mudah.
  • Siapkan 17 – 20 gram kopi bubuk yang digiling medium.
  • Panaskan air hingga 88 derajat celcius.
  • Siapkan susu kental manis setidak sedikit dua sendok makan alias lebih sesuai selera.
  • Masukkan susu kental manis pada cangkir transparan.
  • Letakkan metal cup di atas cangkir. Lalu masukkan kopi ke wadah dasar metal cup dripper.
  • Kunci serta eratkan metal press. Apabila kalian memakai dripper tanpa kunci, masukkan aja metal press.
  • Tuangkan air panas hingga batas atas cangkir (kira-kira 45 – 50 ml).
  • Diamkan hingga seluruh kopi menetes. Lalu tambahkan kurang lebih 20 – 30 ml air panas lagi hingga cangkir penuh.
  • Tunggu beberapa hari hingga seluruh kopi menetes. Lalu aduk hingga rata.
  • Apabila ingin menikmati kopi Vietnam dalam keadaan dingin, kalian tinggal meningkatkankan es batu pada kopi yang telah disajikan
demikianlah cara membuat kopi vietnam yang enak dan nikmat. semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mencoba resep minuman kopi vietnam

Comments

Popular posts from this blog

perbedaan kopi arabika dan robusta

Arabika dan Robusta merupakan dua spesies kopi yang berbeda. Perbedaan umum terletak pada rasa, kondisi di mana dua spesies itu tumbuh, dan perbedaan ekonomis. berikut sedikit gambaran keduanya: perbedaan arabika dan robusta Dilihat dari soal rasa, Arabica mempunyai variasi rasa yang lebih beragam, dari rasa manis dan lembut hingga rasa kuat dan tajam. Sebelum disangrai, aromanya seperti blueberry, setelah disangrai, biji kopi Arabica beraroma buah-buahan dan manis, sedangkan Robusta mempunyai variasi rasa netral sampai tajam dan sering dianggap mempunyai rasa seperti gandum. Biji kopi robusta sebelum disangrai beraroma kacang-kacangan. Sayangnya jarang terdapat robusta berkualitas tinggi di pasaran. Selain perbedaan harga biji kopi Arabica yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga biji kopi Robusta, mari kita telusuri kedua jenis kopi ini: Kopi Arabica kopi arabika Kopi arabika (Coffea arabica) tumbuh di daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl, suhu 16-20 °C, beriklim kering tiga bul

Semangat Pak Tua Petani Robusta - Tanggamus

“Kalau saja tidak telalu sore datang kesini, aku ajak kalian ke Kebun Kopi saya, nanti saya tunjukan sama kamu, bagaimana kami memperlakukan Kopi untuk menjaga kualitas  pada saat berbuah, terutama rasa dan aromanya setelah kami olah”     Tanggamus adalah nama dari sebuah kabupaten di Lampung yang berhawa sejuk di kaki gunung Tanggamus. Sejak daman dahulu merupakan salah satu sentra perkebunan kopi robusta di Lampung. Pada jaman Belanda dahulu pernah terdapat pabrik pengolahan kopi dan teh di daerah ini, yang sempat beralih fungsi menjadi gudang senjata saat dikuasai oleh jepang, namun saat masa kemerdekaan akhirnya gudang tersebut ludes terbakar oleh perlawanan para pejuang republik Indonesia. Didaerah ini, banyak sekali petani binaan salah satu raksasa industri kopi, teh dan cokelat dari Swiss yang memproduksi kopi sasetan untuk lokal dan produk kopi premium yang di ekspor ke luar negeri. Bapak Junaidi salah satunya, seorang asli Lampung dari Desa Talang Jawa, Kecamatan Pulau Panggun

BPD AEKI Sulawesi Selatan

BADAN PENGURUS DAERAH SULAWESI SELATAN MASA BHAKTI : 2007-2012 A. PENASEHAT / DEWAN PERTIMBANGAN Jabatan Perusahaan 1 Micha Takdung Ketua Dewan Pertimbangan Fa.Kopi Jaya 2 Litha Brent Wk.Ketua Fa.Litha & Co B. BADAN PENGURUS DAERAH 1 Cornelis P.Patty Ketua PT.Aneka Bumi Kencana 2 Frenky Djamal Wk.Ketua I CV.Kopi Sulawesi 3 Frans Honga Halim Wk.Ketua II CV.Mega Putra Sejahtera KOMP.ORBIN 1 Drs.H.Abd.Rachmat Tjanring,MM Ketua Kompartemen Puskud Hasanuddin 2 Nasrul Sanusi Wk.Ketua Kompartemen PT.Marco Eka Persada KOMP.PROMOSI/PEMASARAN & HUB.L/N 1 Taswin H.Purwardi Ketua Kompartemen CV.Sari Hasil Utama 2 Hendra Litha,ST Wk.Ketua Kompartemen Fa.Kopi Jaya KOMP.PEMB.PRODUKSI/LITBANG & MUTU 1 Ir.Suwardi Ketua Kompartemen PT.Toarco Jaya 2 Hendra Suwiptandy Wk.Ketua PT.Megaputra Sejahtera KOMP.HUKUM & ARBITRASE 1 Paulus L.Sappetaw Ketua Kompartemen CV.Lucky Trad.Coy 2 Rukman Noor Wk.Ketua PT.Sulawesi Agricultural Trad. KOMP.ANGGARAN & KEUANGAN 1 Dichson Ch.Djaruu Ketua Kompa